Sudah hampir 1 bulan ternyata saya belum juga mampu menulis apapun berkaitan dengan demonstrasi masyarakat Hong Kong pada tanggal 16 Juni 2019 yang lalu. Namun kesan yg saya dapat saat berada di tengah para demonstran tersebut masih bisa saya rasakan hingga saat ini.

Terlepas dari persoalan politik yg menjadi pemicunya, menurut saya demonstrasi yg kabarnya melibatkan lebih kurang  2 juta warga Hong Kong pada hari itu menyajikan pemandangan yg bagus. Dari sisi demonstran, acara protes berjalan dengan tertib & damai. Para demonstran tetap mempertimbangkan kepentingan publik sehingga saat saya yg terjebak di tengah arus demontran masih tetap diberi jalan. Mereka berusaha bergeser 1-2 langkah ke kiri atau kanan sehingga ada ruang untuk saya menerobos ke arah yg saya tuju.

Saat ada yg membutuhkan pertolongan darurat, arus demonstran yg sebelumnya menutupi jalan sampai ke pedestrian tiba-2 terbelah sehingga ada ruas jalan yg kosong kira-2 selebar 1-2 meter, cukup untuk petugas pertolongan darurat berlalu dengan leluasa.

DSCF1940-small

Sementara dari sisi lainnya Polisi yg bertugas atau berjaga di jalan juga tetap memberikan pelayanan dengan baik. Memberikan informasi jalan mana yg bisa ditempuh atau mengatur kendaraan yg lewat serta orang yg menyeberang.

Saat terjebak di tengah para demonstran itulah saya melihat bahwa sebenarnya banyak hal-2 menarik yg bisa dijadikan sebagai subjek/objek foto. Berbekal kamera Fuji X-Pro 1 dan lensa Fujinon 35mm/f1.4, sayapun berusaha merekam apa yg menarik perhatian saya saat itu meskipun kondisinya begitu sulit karena saya sudah berdiri rapat berdesakan dengan para demonstran.

Berikut ini saya sajikan beberapa foto dari sejumlah foto yg bisa saya abadikan saat itu. Silahkan klik untuk melihatnya dengan ukuran yg lebih besar.

Selamat menikmati sajian sederhana ini….